Tolong matikan adblock dan script blocker Anda untuk melihat halaman ini.

─̶─Jika ingin meng-COPY tolong sertakan sumber :D─̶─


Penerjemah : ID Qidian
Editor : D.Blank13th


Chapter 3

Penjelajahan Rumah


Setelah tiga hari, demamku akhirnya hilang, dan perlahan aku lumayan pulih untuk bisa menelan makanan. Yang aku makan adalah sayuran cincang halus mengambang didalam sup yang hambar. Tidak apa-apa untuk sekarang karena aku sedang sakit, tapi kurasa aku tidak akan tahan memakan ini setelah sehat lagi. Juga, aku sudah cukup terbiasa dipanggil Maine sekarang. Aku harus hidup seperti Maine selama sisa hidupku, jadi aku perlu segera membiasakannya.

“Maine, kamu selesai?“ Tanya Tory saat dia masuk untuk memeriksaku.

“Ya.“

Aku menyerahkan piring kosongku padanya, dan dengan tenang berbaring kembali di tempat tidurku.

“Istirahatlah, Maine.“

Dalam tiga hari terakhir ini, aku bahkan belum meninggalkan ruangan ini! Aku hanya bangun untuk menggunakan kamar kecil, dan setelah itu aku selalu dibawa kembali ke tempat tidur. Bukankah itu terlalu keras? Selain itu, aku mengatakan “toilet“, tapi sebenarnya hanya ada sebuah pot kamar yang disimpan di kamar tidur. Ini sangat memalukan! Juga, tidak hanya keluarga yang lain menggunakan pot ruangan yang sama ini, tapi setelah selesai, mereka hanya melemparkan isinya ke luar jendela! Dan, tentu saja, tidak ada mandi juga! Aku tidak tahan lagi setelah beberapa saat dan mencoba membersihkan diriku dengan bersih, dan semua orang menatapku seolah aku telah gila. Gaya hidup ini ... aku sudah tidak tahan lagi!!

Bukannya aku bisa melakukan apapun tentang hal itu. Sebagai anak yang sangat muda dan sakit, bahkan jika aku kabur, tidak mungkin aku dapat menjalani kehidupan yang kuinginkan. Aku masih memiliki pikiran orang dewasa, jadi sudah jelas. Aku tidak akan kabur seenaknya, tidak peduli sebenci apa aku pada situasi ini. Dilihat dari apa yang pernah kulihat di sini sejauh ini, aku rasa diluar tidak akan jauh lebih baik. Aku tidak tahu apakah ada layanan perlindungan anak atau tempat penampungan atau sesuatu seperti itu di sekitar sini, dan kalaupun ada, aku tidak tahu apakah mereka akan lebih baik dari  tempat ini.

Jika saya melarikan diri dari tempat kotor ini, semua yang akan terjadi adalah aku akan menghabiskan beberapa hari terakhir saya berlarian di jalanan, tertutup limbah yang jatuh, dan akhirnya meninggal di pinggir jalan. Yang perlu kulakukan adalah fokus untuk menjadi lebih baik sehingga aku dapat terus memperbaiki kondisi di sekitar sini.

Tujuan pertamaku adalah untuk cukup sehat sehingga aku bisa bangun dari tempat tidur tanpa orang-orang marah kepadaku. ...... Nah, itu awalnya.

Kemudian, sebelum yang lain: buku. Langkah pertama untuk memperbaiki lingkunganku pastinya adalah menemukan buku. Jika aku memiliki sebuah buku, maka aku bisa mengatasi semua keluhan ini. Aku akan tabah! Dan, begitulah, aku telah memutuskan bahwa hari ini aku akan pergi menjelajahi rumah ini. Aku sudah terlalu lama tanpa membaca buku, aku mulai merasa hampir untuk menyerah.

Beri aku sebuah buku! Raaagh! Aku akan menangis! Seorang wanita dewasa akan menangis di depan umum!

Karena aku memiliki kakak perempuan, aku harusnya bisa menemukan sekitar sepuluh buku gambar di suatu tempat di sini. Kecuali aku salah, kupikir aku tidak benar-benar tahu bagaimana membaca bahasa dunia ini, tapi setidaknya aku bisa melihat gambarnya dan mencoba memecahkan makna setiap kata.

Pintu terbuka dengan tenang, dan Tory menunjukkan kepalanya. “Maine, kamu sudah tidur?“ Dia berbisik. Aku berbaring dengan tenang di tempat tidurku, dan dia mengangguk puas. Setiap kali aku terbangun, aku telah keluar dari tempat tidur untuk mencari sebuah buku, hanya untuk pingsan saat aku berkeliaran, jadi Tory diutus untuk terus mengawasiku. Ketika ibu kami pergi di pagi hari untuk pergi bekerja, dia membuat Tory untuk bertanggung jawab atas perawatanku. Tory telah berusaha keras menahanku di tempat tidur, dan dengan tubuh mungilku, tidak peduli berapa banyak aku mencoba berlari, aku tidak akan bisa melepaskan diri dari cengkeramannya.

“Aku benar-benar akan 'mendominasi'-mu, “ gumamku.

“Ada apa?“ Tanya Tory.

“...hm? Oh, aku hanya ingin bertambah besar.“

Tidak benar-benar memahami makna sebenarnya di balik jawabanku, Tory memberiku senyuman bermasalah. “Jika kamu sudah sehat lagi, kamu akan bertambah besar! Kamu selalu sakit sehingga kamu tidak makan, jadi meski kamu sudah berusia lima tahun, orang-orang masih berpikir kamu berumur tiga tahun. “

Oh, aku berumur lima tahun? Dengan tubuh yang tidak biasa lemah. Ini pertama kalinya aku mendengarnya. Aku tidak ingat ada pesta ulang tahun, jadi aku tidak bisa mengetahuinya sendiri. Atau, mungkin, mungkinkah ada pesta yang tidak kusadari, karena aku tidak tahu bahasanya dengan baik?

“Tory,“ aku bertanya, “apakah kamu sudah besar?“

“Aku enam tahun, tapi semua orang mengira aku berumur tujuh atau delapan tahun, jadi mungkin aku sedikit besar?“

“Ahh.“

Kami hanya terpisah satu tahun, tapi perbedaan fisiknya jauh. Melebihi dia mungkin sangat sulit, tapi aku belum bisa menyerah dulu. Aku akan makan dengan benar, menjaga kebersihanku, dan menjadi sehat.

“Ibu pergi bekerja,“ kata Tory, “jadi aku perlu mencuci piring. Sungguh, jangan keluar dari tempat tidur! Kalau kamu tidak tidur, kamu tidak akan lebih sehat, dan kalau kamu tidak lebih sehat, kamu tidak akan tumbuh lebih besar!“ “Oke!“

Dalam persiapan untuk menyelinap keluar, aku telah berpura-pura menjadi anak yang baik sejak tadi malam sehingga Tory akan sedikit lengah. Aku sudah menunggu dengan sabar untuk dia akhirnya meninggalkanku sendirian dan pergi ke tempat lain.

“Baiklah, aku akan pergi sekarang. Jadilah anak baik dan tetap di sini, oke?“

“Okeeee!“ Aku menjawab, gambaran ketaatan.

Tory menutup pintu dengan dentingan. Aku menunggu dengan tenang saat ia meraih kotak yang penuh dengan piring kotor dan keluar dari pintu. Aku tidak tahu ke mana dia pergi mencuci piring, tapi dia selalu pergi sekitar dua puluh sampai tiga puluh menit. Sepertinya setiap rumah tidak memiliki persediaan air sendiri, jadi mungkin ada sumur atau air mancur untuk keperluan umum.

Heh heh heh ... Sekarang, keluar!!

Dari apa yang kupikirkan adalah jalan masuk, aku mendengar suara kunci yang membalik, diikuti oleh suara langkah kaki Tory yang memudar di tangga. Aku menunggu sampai aku tidak bisa mendengarnya lagi, lalu diam-diam mengeluarkan kepalaku. Aku meringis saat merasakan kotoran lantai menggigit kaki telanjangku. Berjalan bertelanjang kaki di sebuah rumah di mana semua orang memakai sepatu sangat menjijikkan, tapi Tory, dalam usaha untuk menghentikanku berjalan-jalan, menyembunyikan sepatuku, jadi aku tidak punya pilihan lain. Mencari buku adalah prioritas utamaku, aku tidak punya waktu untuk khawatir tentang kekotoran kakiku.

“Jika mereka berada di sini, aku mungkin sudah berbicara terlalu cepat...“

Di kamar tidur tempatku terserang demam ini, ada dua tempat tidur, tiga kotak kayu penuh pakaian dan barang-barang lainnya, dan beberapa keranjang dengan barang-barang bermacam-macam lainnya. Di keranjang di samping tempat tidurku, ada beberapa mainan berbahan kayu dan jerami, tapi tidak ada buku. Jika ada rak buku, mungkin ada di ruang tamu.

“Iiiiihh...“

Dengan setiap langkah yang kuambil, lantai kotor menggiling telapak kakiku. Di sini untuk berkeliling rumah biasa dengan sepatu, jadi aku tahu bahwa bahkan jika aku ingin mengeluh, itu tidak akan berguna. Meski begitu, kebiasaan orang Jepang telah begitu tertanam dalam diriku sehingga tidak memungkinkan untuk beradaptasi. Jika aku tetap tinggal sebagai Maine, ada banyak hal yang harus kupakai.

“Grr, terlalu tinggi...“

Aku telah mencapai hambatan utama pertama dalam penjelajahan rumahku: pintu kamar tidur. Bukannya aku tidak bisa mencapai kenop sama sekali;jika aku berjinjit dan mencapai setinggi yang kubisa, ujung jariku hampir saja menyentuh bagian bawahnya. Memutarnya, bagaimanapun, adalah masalah yang jauh lebih besar. Aku melirik sekeliling ruangan, mencari sesuatu untuk digunakan sebagai bangku. Tatapanku terpaku pada kotak kayu dimana pakaianku disimpan.

“Hnnnngh!“

Jika aku orang  dewasa, memindahkan kotak ini akan menjadi sangat mudah, tapi tidak peduli seberapa keras aku mendorong dan menarik, tangan kecilku tidak bisa menggesernya. Aku mungkin bisa membalik keranjang yang menyimpan mainanku, tapi sepertinya tidak akan bisa menopang berat badanku.

“Ayolah, aku harus segera bertambah besar, terlalu banyak yang tidak bisa kulakukan sekarang.“

Setelah melihat sekeliling kamar tidur lagi dan memikirkan pilihanku, aku memutuskan untuk mencoba melipat tempat tidur orang tuaku dan berdiri di sana. Sama sekali tidak mungkin aku membiarkan tempat tidurku sendiri menyentuh lantai kotor tempat orang-orang berjalan dengan sepatu bot, tapi orang tuaku terbiasa hidup dalam kondisi seperti ini sehingga tidak apa-apa untuk menggunakan milik mereka. Jika demi menemukan buku, membuat orang tuaku sedikit kecewa bukanlah masalah besar.

“Hup!“

Aku berjinjit di atas tempat tidur lipat dan memegang kenop pintu. Aku memutar dengan seluruh berat tubuhku, dan kenopnya berputar. Pintu terbuka dengan berderit ... tepat ke arahku.

“Waa?!“

Pintu berayun lurus ke arah kepalaku dengan kuat. Dengan panik aku melepaskan kenopnya, dan tersandung ke belakang.

“Woo-o-o-a!“

Dengan dengungan, aku terjatuh dari tempat tidur yang ditumpuk dan menabrak kepalaku.

“Ow ...“

Aku mencengkeram kepalaku saat bangkit berdiri. Aku perhatikan bahwa pintunya masih sedikit terbuka! Sakit kepalaku hanyalah pengorbanan lain untuk penyebabnya.

“Saya berhasil! Pintunya terbuka!“

Aku melompat ke depan, menempelkan jariku ke celah, dan menarik pintunya sampai terbuka. Aku melihat bahwa kasur orang tuaku telah meluncur di lantai, dan itu meninggalkan jalur yang bersih di belakangnya ... tapi aku akan berpura-pura tidak memperhatikannya sekarang.

“Aha, dapur!“

Aku meninggalkan kamar tidur dan sadar bahwa diriku berada di dapur. “Dapur“ dalam pengertian modern mungkin sedikit, murah hati; ini benar-benar terlihat seperti rumah masak bergaya lama. Di sudut aku melihat kompor, dengan panci besi tuang yang ada di atas, dan sesuatu yang terlihat seperti penggorengan digantung di dinding di sebelahnya. Sebuah jemuran berlari melintasi ruangan, dari kain pembersih kotor menggantung. Siapa pun yang mencoba menyeka sesuatu dengan lap itu pasti hanya akan memperburuknya.

“Tidak mengherankan jika aku memiliki kondisi tubuh yang lemah dengan sanitasi seperti ini ...“

Di tengah ruangan ada meja yang agak kecil, dua bangku berkaki tiga, dan sebuah kotak yang sepertinya sedang digunakan sebagai bangku lain. Di sisi kanan ruangan ada lemari kayu, mungkin digunakan sebagai lemari. Di sudut seberang kompor ada keranjang besar, diisi dengan sayuran mentah yang terlihat hampir seperti kentang dan bawang. Ada wastafel di sini juga, dengan kendi besar air di sebelahnya. Wastafel mungkin diisi dengan menuangkan air dari kendi, sepertinya ada air yang tidak mengalir di sini.

Saat aku melihat sekeliling ruangan, aku melihat dua pintu lagi selain yang mengarah ke kamar tidur.

“Ohoho, mana yang benar?“

Dapur ini benar-benar tidak seperti tempat dimana aku akan menemukan rak buku, jadi aku membuka salah satu pintu lain yang keluar dari dapur.

“Hm, ruang penyimpanan?“

Di balik pintu adalah ruangan yang penuh dengan peralatan dan hal-hal yang belum pernah kulihat sebelumnya. Semuanya ada di rak, tapi ada banyak hal yang ditumpuk dengan begitu sembarangan sehingga tidak terlihat seperti apa pun yang disini digunakan sama sekali.

“Salah, ya...“

Aku menyerah di ruangan ini dan menuju ke pintu kedua. Aku mengulurkan tangan dan menarik kenopnya, tapi kunci itu hanya menempel pada bingkai. Aku mengetuk pintu lagi dan lagi, tapi tidak ada tanda-tanda itu memberi jalan sama sekali.

“Jangan bilang, ini pintu yang dilalui Tory...? Eh? Keduanya salah?! Tidak ada yang benar?!“

Tiba-tiba bingung, aku bergumam keras pada diriku sendiri. Ini adalah apartemen dengan dua kamar tidur dengan dapur ... tapi tanpa bak mandi, tidak ada toilet, tidak ada air mengalir, dan tidak ada rak buku. Tidak peduli seberapa keras aku melihat, aku tidak bisa menemukan ruangan lain.

Hei, Tuhan, apakah kamu memiliki dendam?!

Di semua novel ringan di luar sana tentang reinkarnasi, sebagian besar dari mereka menjatuhkan protagonis di antara orang kaya dan mulia, dan sedikit sekali sisanya menempatkannya dalam kemiskinan. Aku memiliki kenangan dan kepekaan dari warga negara Jepang modern; tidak mungkin aku bisa tinggal di rumah tanpa bak mandi, tanpa toilet, tanpa air mengalir.

Lebih dari itu, hal yang paling kukhawatirkan: Aku tidak dapat menemukan buku apa pun. Aku melihat-lihat ruang penyimpanan dan tidak dapat menemukan sesuatu yang menyerupai buku.

“...Tidak mungkin, apakah buku mahal?“

Di Bumi, sebelum penemuan mesin yang bisa mencetak buku dengan mudah, buku sangat mahal harganya. Jika kau bukan anggota tingkat tertinggi dalam masyarakat, kesempatanmu untuk membaca buku sedikit dan sangat jauh.

“Aku tidak punya pilihan lain. Jika sudah begini, sekarang aku perlu menemukan kata-kata.“

Sekalipun aku tidak memiliki buku, masih mungkin bagiku untuk mulai belajar membaca. Mungkin ada koran, pamflet, majalah, kalender, bahkan iklan! Pasti ada sesuatu di sekitar sini yang setidaknya memiliki satu kata tertulis di tempat itu.

Paling tidak, akan ada di Jepang.

“...tidak ada! Sama sekali tidak ada! Tidak ada satu hal pun! Rumah macam apa ini?!“

Aku telah melewati setiap barang di setiap rak ruang penyimpanan dan lemari, dan tidak hanya aku, tentu saja, masih belum menemukan buku apa pun, tapi belum ada satu huruf pun yang tercetak pada apapun. sama sekali. Sampingkan mencetak, aku bahkan tidak bisa menemukan selembar kertas pun!

“Apa-apaan...ini...“

Rasa sakit yang membutakan melanda kepalaku, seolah demamku meraung kembali. Hatiku berdegup kencang di dadaku, dan aku ditulikan oleh suara mendadak di telingaku. Aku tergelincir ke lantai, seolah senar yang menahanku tiba-tiba dipotong. Mataku sangat panas.

Sekarat, hancur oleh buku, adalah mimpiku; bereinkarnasi, yah, tidak apa-apa juga. Tapi bagaimana aku bisa hidup seperti ini? Untuk apa aku hidup? Aku bahkan tidak berpikir bahwa aku bisa terlahir kembali ke dunia tanpa buku. Mengapa aku lahir?!

Air mata mengalir di wajahku saat aku berjuang untuk menemukan alasan untuk tetap hidup.

“Maine!! Apa yang kamu lakukan?! Kamu seharusnya tidak bangun dari tempat tidur tanpa sepatumu!“ Teriak Tory, saat dia berjalan ke dapur untuk menemukanku terbaring di tanah.

“...Tory...tidak ada 'buku'...“

Meskipun aku sangat ingin membaca, tidak ada buku. Aku tidak tahu mengapa, atau bahkan bagaimana, aku akan terus hidup.

“Ada apa? Apa kamu terluka?“ Tanya Tory, prihatin, saat aku berbaring di sana dengan air mata terus mengalir dari mataku. Tidak mungkin aku menjelaskannya. Dia bahkan tidak mengerti bahwa tidak memiliki buku adalah sebuah masalah, bagaimana dia bisa memahami perasaanku?

Aku ingin sebuah buku.

Aku ingin membaca.

Hei, apakah ada orang di luar sana yang akan mengerti?

Dimana aku dapat menemukan sebuah buku?

Tolong, seseorang beritahu aku.

─̶─Chapter 3 END─̶─


Prev | ToC | Next