Tolong matikan adblock dan script blocker Anda untuk melihat halaman ini.

─̶─Jika ingin meng-COPY tolong sertakan sumber :D─̶─


Penerjemah : ID Qidian
Editor : D.Blank13th


Chapter 5

Pertanian dan Peternakan


Berkultivasi atau mengolah lahan.
Mudah untuk mengatakannya, tapi pekerjaan itu sangat membutuhkan banyak usaha.

Pertama kita harus memotong pohon, lalu membersihkan rumput, lalu menggali tanah yang keras dan mencampurnya dengan sejumlah besar akar yang tersisa.
Dengan cara ini, kelahiran lahan akan terbuat.

Tapi lahan itu bukan satu-satunya yang diperlukan untuk tanaman. Air juga penting
Dengan kata lain, aku harus membawa air dari sungai di suatu tempat.
Oh nah, aku akan menggunakan tanah yang berada di dekat sungai karena aku tidak ingin melakukan sesuatu yang begitu menyusahkan.

Ini hanya cara berpikir amatir, tapi tidak bisakah kita melakukan hal seperti itu dalam satu tahun?
Maksudku, aku akan bingung jika aku tidak dapat membuat mereka melakukannya.

Ada perburuan, tapi aku memperkirakan akan keras dan sulit memberi makan 30 orang hanya dengan berburu.
Sebaliknya, pertanian saja juga akan sulit.

Akan ada kebutuhan untuk melakukan keduanya.

Tapi mari kita ke tujuan utama pertama kita yaitu dimana akan mengolah tanah.
Aku tidak tahu lahan seperti apa yang cocok untuk pertanian. Aku bahkan harus mendapat izin dari Griffon apakah aku bisa memotong pohon di hutan ini.
Perlu mencari tempat lain jika aku tidak bisa mendapatkan izin.

“Begitulah keadaannya, bagaimana menurutmu?”
“Aku  terlalu peduli. Wilayahku jauh di dalam hutan. Selama kau tidak merusak tempat itu, kau bisa memotong dan membakar pohon sesukamu.”
Anehnya, aku dengan mudah mendapat izin. Ini agak antiklimaks.
“Semua orang benar-benar suka menggaruk tanah. Aku tidak akan melakukan hal-hal yang membosankan. Ah, sekarang aku memikirkannya......”
“Apa, apakah kamu ingat sesuatu?”
“Jika aku tidak salah, manusia membuat sebuah desa di hutan ini 30 tahun yang lalu. Tampaknya telah ditinggalkan karena wabah menyebar. Yang mengingatkanku, bajingan-bajingan itu mengatakan kalau itu adalah kutukanku. Itu benar-benar menjengkelkan.”
Griffon mulai menggerutu dan mengeluh.
Tapi sangat penting bagiku jika itu bukan alasan desa itu sepi.

“Jika ada tempat yang nyaman, maka aku harus ke sana dulu! Jadi, dimana tempatnya?”
“Hmm...... Aku tidak begitu yakin karena ingatanku sudah cukup tua. Juga, aku tidak tertarik pada hal-hal itu. Untuk saat ini, naiklah. Kau mungkin akan menemukannya dari langit. Menyerahlah jika kau tidak bisa menemukannya. “
Griffon menunjukkan punggungnya kepadaku seperti yang dikatakannya.
Nah, menaikinya......
Aku akan mati jika jatuh.

“Cepat.”
“Aku mengerti.”
Meskipun begitu, aku tidak tahu kapan dia akan berubah pikiran, dan kehidupan 30 orang ada di tangan. Aku tidak punya pilihan lain kecuali melanjutkan.

Aku naik di bagian belakang Griffon. Aku harus mengubah evaluasiku seberapa besar dia karena sekarang aku telah memanjat orang ini.
Jika aku mengenakan, mungkin hanya butuh satu tegukan untuk memakanku......

“Ayo pergi!”
“Uhii!”
Suara aneh keluar dari mulutku.
Area di sekitar perutku mengambang.
Aku tidak suka naik roller coaster......

Griffon terus meningkatkan ketinggiannya tanpa memperhatikanku.

Aku tiba-tiba melihat ke bawah.
“Uwaaaaaaaaaaa!!”
“Hei, jangan berisik. Dan jangan mencekikku!”
Aku secara refleks memperkuat peganganku di sekitar leher Griffon.
Terbang tanpa pengaman itu menakutkan
Gigiku secara spontan membuat suara yang deras.

“......Apa yang akan kita lakukan jika aku mulai ngompol?”
“Aku akan melepasmu.”

Griffon tiba-tiba berhenti setelah diskusi semacam itu.

“Jika aku tidak salah, itu ada di sekitar area ini ...... itu dia. Bersukacitalah.”
Aku melihat ke bawah dengan hati-hati.
Lagian, aku merasa organ dalamku mengambang.

Tapi, merasa takut itu berguna.
Ada beberapa pohon yang tidak wajar, dan reruntuhan itu pasti terlihat seperti rumah.

“Kita akan turun!”
“Tu─̶─, terlalu cepat. Terlalu cepat!!!”
Aku berteriak ke bagian atas paru-paruku.




“Hmm. Namun, hutan menelan tempat ini...... Oh nah, bukankah ini lebih baik daripada mulai dari awal?”
“Kau benar.”
Desa yang hancur berada di lokasi yang jauh lebih baik daripada yang kuduga sebelumnya.
Sebuah sungai mengalir melalui pusat desa, dengan ini, mendapatkan air akan mudah.
Sebagian besar pit-house rusak, namun sepertinya masih ada beberapa rumah yang bisa digunakan jika diperbaiki.

Seperti yang kuduga, gulma menutupi ladang, tapi tidak akan menjadi masalah jika digali. Paling tidak, akan lebih mudah daripada membuatnya dari nol.

Sedangkan untuk masalah mendasar apakah pertanian dapat dilakukan hanya dengan kekuatan anak kecil, kupikir itu mungkin.
Handenshuujunohou Jepang akan mendistribusikan lahan kepada anak laki-laki dan perempuan berusia 6 tahun atau lebih. Aku yakin bahwa area seluas 20 are ditulis di buku teks.
Aku yakin bahwa hasil satu koku (jumlah nasi yang pria dewasa akan makan dalam setahun) memerlukan sepersepuluh dari satu hektar (sekitar 10 are).
(TL Note: Handenshuujunohou adalah Hukum Jepang Kuno untuk menentukan sawah untuk pengolahan selama umur pengolah.
1 are = 100 meter persegi; 20 are = 2000 meter persegi.)

Jika anak berusia enam tahun dari Jepang kuno dapat membajak 20 hektar tanah, kita harus bisa melakukannya juga.


Nah, mungkin saja orang tua yang membajaknya ......
Tetap saja, masing-masing mungkin bisa membajak sekitar sepertiga sendiri. Seharusnya tidak mungkin bagi kedua orang tua untuk membajak semua lahan pertanian yang diberikan jika mereka memiliki banyak anak.

Juga ada alat bertani besi yang tidak dimiliki petani purba.
Selain itu, aku mungkin bisa mendapatkan seekor lembu atau kuda nanti dan membiarkan mereka membajak ladang.

Kami mungkin bisa melakukannya.

Jika kami tidak dapat melakukannya, aku akan meminta Griffon membantu kami. Akan sangat mudah bagi orang ini untuk menggali lahan.

“Ini hebat, terima kasih banyak. Dengan ini, kita tidak perlu kultivasi tanah dari awal.”
“Tapi bukan berarti aku yang mengolahnya itu.”
“Tapi bukankah karena kau orang-orang meninggalkan tempat ini?”

Itulah Griffon yang ramah. Tanpa dirimu, semua hal di sini tidak akan terjadi. Nah, karena rekan inilah yang meminta pertolonganku, wajar baginya untuk bekerja sama.


Ngomong-ngomong, bisakah aku mengajukan satu pertanyaan?
“Apa itu? “
“Sebuah bencana kelaparan telah terjadi, bukan? Tahukah kau apa penyebabnya?”

Pertanyaan itu telah menggangguku begitu lama.
Aku hanya tahu ada kelaparan karena apa yang Tetra-chan katakan kepadaku, tapi ada banyak alasan terjadinya kelaparan.

Penyakit tanaman, kerusakan hama oleh sesuatu seperti wabah belalang, rusak oleh badai, atau gagal panen akibat iklim.

Aku akan membuat kesalahan yang sama jika aku mulai bertani tanpa memahami alasannya.

Akan sedikit tidak sensitif untuk bertanya kepada anak-anak, jadi aku mencoba bertanya kepada Griffon.

“Dari apa yang anak-anak katakan padaku, mungkin itu penyakit tanaman.”
“Tanaman apa yang terinfeksi oleh penyakit itu?”
“Semuanya.”
“Hah!?”

Penyakit yang membunuh semua tanaman? Apa─̶─itu akan tak terkalahkan.

“Apakah kau baru saja mengatakan semuanya? Semuanya dari gandum sampai buah-buahan?”
“Seperti yang kau katakan.”

Apa itu?
Aku masih akan mengerti jika itu adalah penyakit yang mempengaruhi tanaman serupa seperti gandum dan jelai, namun orang ini mengatakan bahwa gandum dan anggur dipengaruhi oleh penyakit yang sama?

Itu seperti memiliki penyakit yang dapat mempengaruhi manusia dan ikan.

“Diriku juga meragukannya dan mencoba mempertimbangkan hal lain. Maukah kamu mendengarkan?”
“Ya, silakan.”
“Diriku pikir itu adalah kutukan.”

Mendengarnya itu buang-buang waktu ......

“Mengapa kau melihatku seperti itu? Kutukan itu nyata.”
“Apakah kau memiliki bukti?”
“Diriku pernah berbicara dengan Tuanku.”
Aku tidak dapat mengatakan apapun saat aku mendengarnya.
Oh nah, jika direinkarnasi ke dunia lain dan berkat suci ada, pasti akan ada satu atau dua kutukan, mungkin tidak aneh jika aku menemukannya.
Tapi siapa yang melemparkan kutukan?

“Bukankah kau berasal dari spesies yang suka berperang dengan sesama? Bukankah konyol bagi satu kelompok untuk melemahkan kekuatan kelompok lain?”
“Yap, apa yang kau katakan benar, tapi...”

Aku ragu akan ada sesuatu yang bisa membuat mereka lebih bahagia daripada kutukan yang bisa melemahkan negara musuh dari jauh. Jika benar-benar ada kutukan seperti itu, itu akan menjadi alat yang sangat berguna.

“Untuk kutukan dapat mempengaruhi area yang benar-benar luas, mungkin itu berarti ada seorang praktisi berbakat.”
“Apakah kau terkesan dengan hal itu? Tidak akan bekerja di peternakan tanpa arti ini jika dikurangi menjadi kosong oleh kutukan lagi?”
“Hah? Mungkin akan baik-baik saja. Karena manusia itu pengecut. Kurasa kutukan itu tidak bisa menyebar ke wilayahku dan wilayah di dekat hutan. Kutukan juga tidak bisa digunakan berkali-kali berturut-turut.”

Apakah itu benar-benar seperti itu......?
Orang ini tahu lebih banyak tentang situasi dunia ini daripada aku.
Jika dikatakan tidak apa-apa, mungkin tidak apa-apa. Mungkin.

“Jadi, apakah kita akan mengumpulkan anak-anak di sini sekarang?”
“Tentang itu, lebih baik besok saja. Kau tidak akan memiliki cahaya yang cukup jika kau melakukannya sekarang.”

Griffon berkata begitu saat melihat matahari.
Saat ini, matahari baru saja melewati puncak gunung.
Sekarang mungkin sekitar jam 2 siang.

Ada jarak yang cukup jauh ke gua yang terletak di sebelah selatan ini.
Akan berbeda jika kaki orang dewasa, tapi ini adalah kaki anak-anak. Hari akan segera berakhir.
Hanya akan memakan waktu sebentar jika kita mengendarai Griffon, tapi mungkin ini bukan pekerjaan yang berat.
Dan anak-anak juga akan menolak untuk menaikinya.

“Kalau begitu, naiklah.”
“Tentu ...... Apakah aku harus benar-benar naik......?”

Aku kembali ke gua sambil menjerit.





“Ini dia, inilah rumah baru kita.”
“Ooooo!!”
Anak-anak berteriak dengan sukacita.

“Jadi, ketua. Apa yang pertama kita lakukan?”
Kata Ron-kun.
“Ketua?”
“Ini─̶─, ini bukan berarti aku benar-benar mengakuimu. Hanya sedikit. Aku hanya akan mengakuimu sedikit!”
“Ron-kun...... Jadilah lebih jujur ​​dengan dirimu sendiri.”
Ron-kun dan Soyon-chan mulai bertengkar di hadapanku.

Sangat menyenangkan untuk ditonton. Tapi aku belum menunjukkan hasilnya. Apa yang bagus dengan hanya mengubah pedang besi dengan alat bertani besi?
Sambil memikirkan hal-hal seperti itu, Tetra-chan berbisik ke telingaku.

“Sebelum kamu datang, grup ini semua lusuh. Ketika seseorang menyuarakan pendapat, mereka ditegur dengan perbedaan pendapat namun pembangkang tidak memiliki rencana alternatif. Saat anak kecil menginginkan kasih sayang keibuan dan mereka mengamuk dan mulai menangis, Ron dan Oswald mulai bertengkar. Artinya, kamu telah membawa kita sampai ke tempat kita sekarang. “
“Daripada merasa lega, aku merasa sangat prihatin atas apa yang telah terjadi pada kalian sebelumnya. “

Aku tersenyum tegang. Kupikir itu adalah sesuatu yang bisa dilakukan seseorang.
Namun, itu hanya mungkin pada tingkat orang dewasa. Seorang anak tidak bisa melakukannya.
Gagasanku tentang barter pedang besi hanyalah pemikiran akal sehat, tapi Ron-kun tampaknya menganggapnya sebagai ide yang fantastis.

“Kau memberiku terlalu banyak kredit. Berkat Griffon lah desa ini terbengkalai.”
Aku bergumam.

“Jadi, apa yang akan kita tumbuhkan?”
Roswald-kun bertanya padaku sambil cemberut. Kenapa anak ini jadi sombong......?
Bagaimana bisa seorang anak menjadi seperti ini?

“Aku berencana melakukan peternakan rotasi tanaman.”
“Rotasi tanaman? Apakah itu lezat?”
Tidak, itu tidak enak, mungkin.

“Menjelaskannya secara kasar, kita akan menanam Jelai (Penanaman Musim Semi) > Semanggi > Gandum (Penanaman Musim Gugur) > Lobak, dalam urutan ini selama empat tahun.”
Karena anak-anak mengatakan musim ini sekarang cocok untuk memanen gandum, kami akan, sayangnya, menanam gandum tahun depan.

Musim saat ini adalah musim untuk menanam lobak.

“Kenapa kau melakukannya dengan cara yang membosankan?”
“Apa kau tidak tahu kalau menanam tanaman yang sama di lapangan untuk waktu yang lama akan memperburuk panen? Semanggi benar-benar efektif dalam merevitalisasi lahan. Dengan cara ini kita bisa menanam tanaman sepanjang tahun.”

Aku tidak tahu detail sebenarnya, tapi...
Karena aku mempelajarinya dari sejarah dan geografi, kemungkinan hanya keuntungan kecilku dari anak-anak ini yang tumbuh di sebuah desa pertanian.
Aku juga sedang sedikit bertani di kebun sayur panti asuhan.

Roswald-kun masih memiringkan kepalanya dengan bingung. Itu adalah ungkapan yang menunjukkan bahwa dia sama sekali tidak mengerti. Tapi aku tidak memiliki kepercayaan diri untuk menjelaskannya sepenuhnya, jadi aku tidak punya pilihan selain membiarkan mereka mengalaminya.

“Benarkah, apakah kita menumbuhkan sesuatu yang lain?”
“Mungkin sesuatu seperti anggur atau buah zaitun. Itu kalau itu memungkinkan.”
Aku menjawab pertanyaan Gram-kun.

Menyatukan informasi yang kudapatkan dari anak-anak, nampaknya iklim di sekitar kawasan ini seperti iklim Mediterania.
(TL Note: Mediterania: Laut Tengah, terletak di antara Eropa di utara, Afrika di selatan, Asia di timur. Iklik Mediterania biasanya musim dingin yang basah dan musim panas yang panas dan kering.)

Oleh karena itu, aku tidak dapat dengan jujur ​​mengatakan bahwa jika Metode Empat-Kursus Norfolk cocok. Untungnya, masih layak karena ada sungai di dekatnya.
(TL Note: Metode Empat-Kursus Norfolk: Metode organisir pertanian yang didirikan di daerah Norfolk, Inggris, dan di beberapa negara lain sebelum akhir abad ke-17; ditandai dengan penekanan pada tanaman pakan ternak dan dengan tidak adanya tahun bera, yang memiliki ciri metode sebelumnya.
Dalam sistem empat-kursus Norfolk, gandum tumbuh pada tahun pertama, lobak di tahun kedua, diikuti oleh jelai, dengan semanggi dan ryegrass bawah tanah, di tahun ketiga. Semanggi dan ryegrass digali atau dipotong untuk pakan pada tahun keempat. Lobak digunakan untuk memberi makan sapi dan domba di musim dingin. Sistem baru ini bersifat kumulatif, karena tanaman pakan ternak yang dimakan oleh ternak menghasilkan persediaan besar dari kotoran hewan yang sebelumnya langka, yang pada gilirannya lebih kaya karena hewan tersebut diberi makan lebih baik. Ketika domba-domba itu merumput di ladang, limbah mereka membuahi tanah, mempromosikan hasil sereal yang lebih berat di tahun-tahun berikutnya.)

Itu sangat cocok untuk buah anggur dan buah zaitun. Namun, butuh waktu bagi buah anggur dan buah zaitun untuk matang, dan aku masih ragu apakah aku bisa memuaskan nafsu makan 30 anak..
Sementara aku menggunakan subjek itu, kemiringan dengan drainase yang baik cocok untuk menanam anggur dan buah zaitun. Tapi desa itu berada di tanah datar.
Karena kurasa aku tidak bisa menumbuhkannya di lahan datar, aku hanya harus melakukannya di masa depan.

“Kalau begitu, ayo segera putuskan sebuah rencana......”
Seketika, anak-anak menatapku.


“Haruskah kita memperbaiki rumah dulu?”
Aku mengatakannya saat menunjuk ke rumah pit yang rusak.

─̶─Chapter 5 END─̶─


Prev | ToC | Next